Pakai Kebaya Harus Sesuai dengan Tempat dan Acara, Jangan Asal

Selasa, 07 Februari 2023 - 22:56 WIB
loading...
Pakai Kebaya Harus Sesuai...
Memakai kebaya tidak boleh sembarangan. Busana ini idealnya tak hanya digunakan untuk melengkapi penampilan tapi harus sesuai dengan tempat, waktu dan acara. Foto/Syifa Fauziah
A A A
JAKARTA - Memakai kebaya tidak boleh sembarangan. Busana khas Indonesia ini idealnya tak hanya digunakan untuk melengkapi penampilan tapi harus sesuai dengan tempat, waktu dan acara.

Desainer pemerhati budaya Musa Widyatmodjo mengatakan bahwa saat ini kebaya semakin digemari oleh semua kalangan dan usia. Baik remaja hingga dewasa meski pemakaiannya kurang tepat.

“Pakai kebaya tuh harus sesuai tempat, waktu, dan acaranya. Masa pakai kebaya di acara formal pakai sneakers, mbok ya pakai selop gitu loh,” kata Musa di acara Collaborating to Safeguard the Kebaya of ASEAN di Jakarta, Selasa (7/2/2023).

Padu padan yang tepat dalam memakai kebaya penting diketahui semua masyarakat. Ini, dijelaskan Musa tak hanya membuat penampilan menjadi sempurna, tapi juga menghargai kebaya yang merupakan budaya Indonesia.



“Jadi nggak bisa seenaknya ketika pakai kebaya. Apalagi saat menghadiri acara-acara formal. Sangat disayangkan sekali,” jelas Musa.

Musa juga bersyukur sudah banyak pihak yang sudah mulai menggaungkan memakai kebaya. Selain itu, beberapa pihak juga sudah mengusulkan kebaya sebagai warisan budaya tak benda UNESCO.

“Kita harus meyakinkan negara sahabat termasuk UNESCO bahwa kebaya bagian dari masyarakat Indonesia baik sejarah saat ini dan akan datang,” pungkasnya.

(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1771 seconds (0.1#10.140)